Selasa, 25 November 2014

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING)

Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif antara lain:

a.   Untuk menuntaskan materi belajar, siswa belajar dalam kelompok secara kooperatif
b.   Kelompok dibentuk dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan heterogen
c.   Jika dalam kelas terdiri dari beberapa ras, suku, budaya, jenis kelamin yang berbeda, maka diupayakan agar tiap kelompok berbaur
d.   Penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan

Tujuan :

a.   Hasil Belajar Akademik ; Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik
b.   Penerimaan terhadap keragaman ; Siswa dapat menerima teman-temannya yang beraneka latar belakang..
c.   Pengembangan ketrampilan sosial.

Sintaks kegiatan pembelajaran kooperatif

Fase
Indikator
Kegiatan Guru
1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai dan memotivasi siswa belajar
2
Menyajikan informasi
Menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan
3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
Menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok dan membantru kelompok agar melakukan transisi secara efisien
4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Membimbing kelompok-kelompok belajat pa da saat mereka mengerjakan tugas
5
Evaluasi
Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasekan hasil kerjanya
6
Memberikan penghargaan
Mecari cara untuk mengharga upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar