Proses pembelajaran langsung adalah proses pendidikan di mana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
Ciri-ciri model pembelajaran langsung antara lain:
a. Adanya tujuan pembelajaran dan prosedur penilaian hasil belajar
b. Sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran
c. Sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung berlangsung dan berhasilnya pengajaran
Sintaks kegiatan pembelajaran langsung
Fase | Indikator | Peran Guru |
1 | Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa | Menjelaskan tujuan , materi prasyarat, memotivasi dan mempersiapkan siswa |
2 | Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan | Mendemonstrasikan ketrampilan atau menyajika informasi tahap demi tahap |
3 | Membimbing pelatihan | Memberikan latihan terbimbing |
4 | Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik | Mengecek kamampuan siswa dan memberi kan umpan balik |
5 | Memberikan latihan dan penerapan konsep | Mempersiapkan latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar