Selasa, 01 Juli 2014

MODEL LAPORAN HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK / BUKU RAPOR KURIKULUM 2013 SMP (SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)

Implementasi model penilaian dalam Kurikulum 2013, termasuk untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) berimplikasi pada model  Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik. Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik merupakan  data pencapaian kompetensi yang telah dicapai peserta didik dalam setiap semester dan berakhir pada pencapaian satu jenjang pendidikan SMP berdasarkan kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum.


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaiankompetensi kepada orang tua dan pemerintah. 

Standar Penilaian Pendidikan tersebut menyebutkan bahwa laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk:

a.   Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan serta keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.

b.   Deskripsi sikap diberikan untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

c.   Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik.

Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi peserta didik merupakan dokumen penghubung antara sekolah dengan orang tua/wali peserta didik maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mengetahui kompetensi peserta didik. Oleh karena itu, buku Laporan Hasil Pencapaiankompetensi peserta didik harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sehingga dapat memberikan gambaran mengenai pencapaian kompetensi peserta didik dengan jelas dan mudah dimengerti.

Pengembangan Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar memandang perlu menyusun Model Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertamadan Petunjuk Teknis Pengisiannya untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik.

Model Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik SMP diharapkan dapat membantu sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan format Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik.

Model laporan ini bertujuan untuk :

1.  memberikan contoh buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan  Kurikulum 2013 bagi para pendidik, satuan pendidika, dan pihak-pihak yang terkait;

2.  memberikan cara-cara pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik bagi sesuai dengan  Kurikulum 2013;

3.  memberikan model penentuan kenaikan kelas peserta didik.

Isi model laporan ini  meliputi contoh laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik beserta petunjuk cara pengisiannya. Hal itu mencakup pengisan untuk kmpetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik, serta kriteria kenaikan kelas.

Sasaran Pengguna Panduan Penilaian, model laporan ini diperuntukkan terutama bagi :

1.  Para pendidik di SMP sebagai panduan  dalam  pelaksanaan pelaporan penilaian  hasil pencapaian kompetensi peserta didik;

2.  Pelaksana pengawasan pendidikan (pengawas dan kepala sekolah) untuk merancang  program supervisi pendidikan yang berkaitan dengan pelaporan penilaian peserta didikdi satuan pendidikan;

3.  Pihak-pihak lain yang terkait dengan pelaporan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik.

Download (unduh) Model Rapor / Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan SMP selengkapnya, silahkan klik pada links berikut, dan untuk download / unduh Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Implementasi Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan SMP selengkapnya, silahkan klik pada links berikut. Untuk Semoga bermanfaat dan terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar