Rabu, 06 Agustus 2014

JUKNIS / MANUAL APLIKASI DAPODIKDAS 2014 - 2015

Alhamdulillah…, pada pendataan Dikdas via online pada tahun pelajaran 2014/2015 kali ini, petunjuk teknis atau manual aplikasi Dapodikdas 2014 versi 3.00 telah dirilis bersamaan dengan installer aplikasi Dapodikdas 2014 yang relatif lengkap dan jelas karena telah disertai gambar pada setiap sub bahasannya.

Berikut ringkasan Manual Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.0 :

1. Dapodikdas versi 3.00 merupakan keberlanjutan sistem aplikasi sebelumnya 2.08, dengan mekanisme prefill baru, maka data isian tahun ajaran 2013/2014 akan menjadi data awal di aplikasi versi 3.00 (tahun ajaran 2014/2015).

2. Sebelum instalasi versi 3.00, uninstall aplikasi sebelumnya (2.08) dan mengunduh prefill terbaru. di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Prefill tsb adalah hasil pemutakhiran generate nasional per tanggal 25 Juli 2014. Prefill lama tidak dapat digunakan.

3. Kode registrasi tetap (sama dengan periode pendataan sebelumnya), prefill berubah (Baca bagian 5) prosedur instalasi (baca Bagian 3 dan 4).

4. Versi 3.00 akan expired di bulan Desember untuk membatasi pengisian 20141 (semester 1 tahun ajaran 2014) dan untuk memunculkan pengisian semester 2 (20142).

5.   Pilihan Semester yang dapat dipilih di versi 3.00.
1.   Semester 1 Tahun ajaran 2014 (20141) sebagai Default
2.   Semester 1 Tahun ajaran 2013 (20131)
3.   Semester 2 Tahun ajaran 2013 (20132)

6.   Tahapan input data : pelajari flowchart di bawah

7.   Fitur fitur tambahan :
-     Bantuan : Penjelasan isian butir pertanyaan.
-     Lanjutan data periodik : melanjutkan data yang berkaitan dengan masa periode semester.
-     Naik Kelas : kenaikan kelas otomatis dengan asumsinya peserta didik tidak di acak di kelas barunya.
-     Lulus : untuk meluluskan seluruh peserta didik tingak 9 SMP atau kelas 6 SD secara massal
-   Action Menu : memunculkan data terhapus dan memunculkan data terfilter , salin penugasan dan lanjutkan data periodik peserta didik.

8.   Fasilitas generate ulang prefill : fitur ini dapat dianalogikan sebagai “simpan lokal” di server. Jika akan berpindah-pindah komputer gunakan fasilitas ini. (baca bagian 12 Generate prefill).

9.     Penguncian nama dan tanggal lahir PD dan PTK. Hal ini dimaksudkan agar record yang sudah ada tidak di re-use untuk PD/PTK lain.

10.  Web yang terafiliasi :
-    http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id: untuk memeriksa progress pengiriman sekaligus cek kelengkapan dan kecocokan data di lokal.
-     http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final: fasilitas generate prefill “simpan lokal”.
-     http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id: untuk mendapatkan NISN dari dapodikdas.
-     http://sdm.data.kemdikbud.go.id: komunitas operator dapodik.
-     https://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas: grup Facebook resmi dapodikdas.
-     http://223.27.144.195:8081/: laman LTD (Lapor Tunjangan Dikdas) atau info PTK.

11.  Baca kembali penjelasan rinci dari Direktorat P2TK Dikdas untuk pembagian jumlah jam mengajar dalam 1 Rombel sesuai kurikulum yang digunakan.

12. Peserta didik lulus, keluar atau PTK mutasi jangan di “HAPUS” tp registrasikan sesuai dengan keterangannya agar tersimpan sebagai data historical.


Penjelasan :

1.   Aplikasi 3.00 merupakan fresh installer, aplikasi 2.08 tidak dapat dipergunakan kembali. Langkah-langkah ini dimaksudkan urutan pengerjaan yang berurutan dan sistematis agar operator sekolah bekerja secara efektif dan efisien dalam mengoperasikan aplikasi.

2.  Unduh aplikasi dan prefill nya di laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Prefill ini adalah hasil generate nasional per tanggal 1 Agustus 2014, sehingga tidak perlu lakukan generate ulang prefill untuk pertama kalinya.

3.     Uninstall aplikasi lama 2.08. Sebelumnya, unduh profil sekolah dll sebagai arsip.

4.     Lengkapi isian tabel sekolah dan data periodik sekolah.

5.    Tabel PTK èaction menu salin penugasan untuk menyalin penugasan PTK tahun 2013 ke 2014 secara otomatis sehingga tidak perlu input ulang di menu penugasan. Tabel Peserta Didik  action menu lanjutkan data periodik PD untuk menyalin data periodik tahun sebelumnya, sehingga tidak perlu input ulang. Dengan asumsi data periodik tersebut tidak mengalami perubahan.

6.     Tabel Prasarana èaction menu lanjutkan data periodik, untuk menyalin tingkat kerusakan prasarana tahun sebelumnya sehingga tidak perlu input ulang, dengan asumsi bahwa tidak ada perubahan kerusakan ruangan.

7.  Tabel Rombongan belajar, action menu dapat digunakan dengan melanjutkan rombel yang ada sebelumnya naik ke tingkat diatasnya, fitur ini dapat di gunakan bagi rombel yang tidak diacak peserta didik nya ketika naik kelas (masih dalam rombel yang sama). Yang perlu diubah/ penyesuaian kembali : Wali kelas , Nama rombel, Ruangan / prasarana.

8.     Mapping anggota rombel. Jenis pendaftaran [Naik Kelas] , jika menggunakan fitur no. 7 peserta didik sudah otomatis masuk ke dalam rombel. Untuk peserta didik tidak naik kelas masukkan ke dalam tingkat yang sama dengan jenis pendaftaran [Mengulang].

9.     Tabel PD èSetelah peserta didik masuk ke dalam rombel maka akan terlihat peserta didik yang belum masuk rombel, peserta didik tersebut adalah peserta didik yang mungkin lulus, registrasikan sebagai peserta didik keluar dengan status lulus dan peserta didik yang putus sekolah. ATAU dapat menggunakan fitur Lulus di rombongan belajar untuk meluluskan siswa-siswa yang berada di tingkat akhir secara massal.

10.  Tabel PD èMasukkan peserta didik baru satu persatu sampai lengkap baru tambah peserta didik kedua dan selanjutnya.

11.  Buat Rombel baru untuk peserta didik baru tersebut (kelas 1 SD atau kelas 7 SMP).

12.  Masukkan peserta didik baru tersebut ke dalam rombel di bagian anggota rombel.

13.  Lengkapi tabel PTK (TAMBAH BARU, MUTASI, dll).

14.  Tabel Pembelajaran: lengkapi PTK mengajar sesuai di dalam rombelnya.

15.  Lengkapi isian sarana, jumlah dan tingkat kerusakannya.

16.  Periksa kelengkapan isian di unduhan profil sekolah.

17. Periksa validasi, pastikan tidak ada yang berwarna merah atau kuning. Untuk mengingatkan kelengkapan, kewajaran dan kebenaran data yang sudah di inputkan.

18.  Lakukan sinkronisasi secara sempurna.

19.  Periksa kesesuaian data di progress pengiriman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.

20.  Selesai.

Kemudian dijelaskan secara terperinci hal-hal penting terkait aplikasi Dapodikdas 2014 di antaranya :

1.  Informasi Umum : Penjelasan Aplikasi, UU ITE, Tanggung Jawab dan Kerahasiaan Data, Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware), dan Spesifikasi Minimun Komputer (Software/OS).

2.     Ketentuan Umum : Kode Registrasi, Data Prefill, Menjalankan Aplikasi, Backup dan Restore Data, Validasi, Penguncian Data, dan Versi Aplikasi.

3.     Instalasi dan Deinstalisasi Aplikasi : Uninstall/ Deinstalasi Aplikasi dan Langkah-langkah Instalasi Aplikasi.

4.     Registrasi pada Aplikasi Dapodikdas.

5.     Beranda Dapodikdas.

6.  Tabel Sekolah : Identitas Sekolah & Lokasi Sekolah, Data Pelengkap & Kontak Sekolah, Data Periodik Sekolah, Sanitasi & Blockgrant, Akreditasi dan Program Inklusi.

7.   Tabel Peserta Didik : Registrasi Peserta Didik, Tambah Peserta Didik, Pengisian Data Rinci Peserta Didik, dan Peserta Didik (PD) Keluar.

8.   Tabel PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) : Penugasan PTK, Pengisian Data Rinci PTK, dan PTK Keluar.

9.     Tabel Sarana dan Prasarana (Sarpras),

10.  Tabel Rombongan Belajar (Rombel) : Drag and Drop Anggota Rombel dan Pembelajaran.

11.  Validasi dan Sinkronisasi : Validasi, Sinkronisasi, Sinkronisasi Online, dan Sinkronisasi Offline.

12.  Generate Prefill.

13.  Cek Progress Pengiriman.

14.  Cara Menghapus Inputan Data PD dan PTK.

15.  Pengisian Guru BK dan TIK.

Download manual Aplikasi Dapodikdas 2014 selengkapnya dari links web Dapodik Ditjen Dikdas pada links berikut… Salam satu data berkualitas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar