Rabu, 06 Agustus 2014

TANYA JAWAB SEPUTAR APLIKASI DAPODIKDAS 2014 VERSI 3.0.0

APLIKASI DAPODIKDAS

1. Apa itu aplikasi Dapodikdas?

Sistem aplikasi Data Pokok Pendidikan Pendidikan Dasar (Dapodikdas) adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD). Entitas data Pokok tersebut meliputi yaitu : Sekolah Termasuk sarana dan prasarana di dalamnya, PTK , Peserta Didik dan Proses Pembelajaran didalam rombongan belajar (Rombel).

2. Mengapa sekolah harus menggunakan aplikasi Dapodikdas?

Berdasarkan Intruksi Menteri no.2 tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di KEMDIKBUD, dinyatakan bahwa Aplikasi DAPODIKDAS merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar. Data dari aplikasi dapodikdas akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program KEMDIKBUD di tingkat pendidikan dasar seperti : NISN, BOS, BSM, Aneka Tunjangan Guru, UN, dan program-program lainnya. Oleh karena itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pendataan DAPODIKDAS.

3. Apa akibatnya jika sekolah menolak menggunakan Dapodikdas?

Data Aplikasi DAPODIKDAS digunakan sebagai acuan data dalam program-program KEMDIKBUD di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, akibatnya adalah kerugian bagi sekolah dikarenakan apabila data tidak sampai ke KEMDIKBUD maka kebijakan bagi sekolah dalam program-program kementrian tidak akan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

4. Apakah sekolah MI dan MTs perlu dapat menggunakan aplikasi Dapodikas?

Untuk MI dan MTs itu berada dibawah naungan Kementrian Agama sehingga tidak dapat menggunakan Aplikasi Dapodikdas.

5. Jenjang sekolah mana saja yang di data di Dapodikdas ini ?

Jenjang pendidikan dasar yaitu : SD, SDLB, SMP, SMPLB dan SLB. Adapun untuk jenjang menengah ada di naungan DIKMEN (DAPODIKMEN). Apakah termasuk sekolah terpencil dan luar negeri ? Ya, tidak terkecuali

HARDWARE

6. Aplikasi Dapodikdas paling baik diinstall di PC atau di laptop?

Disarankan di installkan pada laptop, karena mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi sesuatu dengan aplikasi maka laptop bisa dibawa untuk konsultasi perbaikan data dan aplikasi.

7. Bagaimana spesifikasi hardware minimal untuk dapat lancar menggunakan aplikasi dapodikdas?

  • Processor minimal Pentium IV
  • Memory minimal 512 MegaByte
  • Storage tersisa minimal 100 MegaByte
  • CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD

SOFTWARE

8. Operating System apa yang paling baik digunakan untuk aplikasi Dapodikdas?

Disarankan menggunakan Windows 7. Namun Aplikasi DAPODIKDAS dapat berjalan di Operating System berikut ini :
a. Windows XP SP2
b. Windows Vista
c. Windows 7
d. Windows 8 (Aplikasi tidak bisa berjalan di Windows 8 RT)

9. Browser apa yang paling baik digunakan untuk menjalankan aplikasi Dapodikdas?

Browser yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Google Chrome atau spark security browser.

10. Bagaimana cara mensetting agar aplikasi dapat dibuka di browser tersebut?

Aplikasi Dapodikdas berjalan di browser bawaan (default browser) di komputer. Jadi untuk dapat membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop, silahkan setting browser yang akan digunakan sebagai browser bawaan di komputer. Aplikasi dapodikdas juga dapat diakses dengan mengetik alamat localhost di navigasi browser.

11. Di mana saya dapat mengunduh aplikasi tersebut ?


KODE REGISTRASI DAPODIKDAS 2014 

12. Apa yang dimaksud dengan kode registrasi?

Sebuah kode unik dan rahasia yang dibuat oleh sistem sebagai kunci aktifasi aplikasi Dapodikdas. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah memiliki koderegistrasi yang berbeda-beda Antara sekolah satu sama lain pasti berbeda.

13. Apa fungsi dari kode registrasi?

Untuk mengaktifasi ketika sekolah akan memulai mengentri data sekolahnya. Kode ini juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill dan melihat data individu sekolah di progress pengiriman website dapodikdas. Selain itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.

14. Di mana sekolah saya bisa mendapatkan kode registrasi?

Cara mendapatkannya adalah dengan menghubungi KKDATADIK di Dinas Pendidikan KKDATADIK kabupaten/kota setempat.

15. Apa syarat untuk mendapatkan kode registrasi?

Sekolahnya memiliki NPSN dan terdaftar didalam referensi PDSP. Apabila belum terdaftar maka segera di urus ke pihak PDSP/menghubungi dinas pendidikan kabupaten kota setempat. Cek data NPSN bisa dilakukan di referensi.data.kemdikbud.go.id>> Data Master >> Pilih jenjang yang diinginkan.

16. Jika sekolah kami tidak memiliki NPSN apakah dapat mendapatkan kode registrasi?

Tidak bisa. Solusinya adalah dengan mengurus NPSN terlebih dahulu setelah memiliki NPSN maka otomatis bisa didaftarkan agar mendapatkan kode registrasi. Hal ini dimaksud agar keabsahan sekolah tersebut resmi terdaftar di KEMDIKBUD.

17. Apakah NPSN sementara dengan format NPxxxxx bisa dibuatkan koderegnya?

Tidak bisa. Harus menggunakan NPSN yang dikeluarkan oleh PDSP untuk NPSN nya.

18. Apakah yang harus dilakukan jika lupa dengan koderegistrasi sekolah?

Solusinya bisa segera menanyakan kepada dinas pendidikan kabupaten kota setempat untuk menanyakan kode registrasi sekolahnya.

19. Apa akibatnya jika kode registrasi diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?

Kode registrasi itu bersifat rahasia, jadi disarankan jangan sampai diberi tahukan ke sekolah lainnya karena menyangkut data masing –masing sekolah. Dikhawatirkan kalau sampai diketahui oleh sekolah/pihak lain maka data sekolahnya digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab

20. Apakah kode registrasi tahun ajaran 2014/2015 ini sama dengan tahun sebelumnya?

Jawab : ya sama, namun jika sekolah menghendaki mengubah kode registrasi karena sesuatu hal, maka dapat diubah melalui dinas pendidikan kab/kota setempat

21. Fungsi lain dari kode registrasi?

Selain untuk kode aktivasi juga koderegistrasi dapat digunakan untuk mendownload data prefill persekolahan melalui dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill, di samping itu juga untuk memeriksa data individu sekolah di progress pengiriman untuk memastikan data nya sudah sama dengan di server.

22. Sekolah baru , bagaimana prosedur mendapatkan koderegistrasi?

Melalui Dinas Pendidikan Kab/kota Ajukan nomor NPSN ke PDSP dengan melampirkan dokumen dokumen kelengkapan administrasi perizinana sekolah dan SK izin operational. Setelah mendapatkan NPSN maka dapat mengajukan koderegistrasi ke Ditjen Dikdas.

23. Apa akibatnya kode registrasi dipakai oleh 2 sekolah atau lebih ?

Akibatnya akan fatal, data ke-2 sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu, dan ini sangat tidak dianjurkan, oleh karena itu pastikan koderegistrasi tersebut adalah benar-benar milik sekolah saudara dan tidak di ketahui oleh orang lain. Solusinya jika hal ini sudah terlanjur terjadi : Generate ulang prefill dan lakukan prosedur instalasi seperti semula dengan menggunakan data prefill yang baru. Bersihkan data berganda tersebut lalu sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua minta ke dinas untuk dibuatkan koderegistrasi baru

24. Apakah dapat mengubah kode registrasi?

Dapat, melalui fasilitas ubah koderegistrasi di dinas kab/kota. Fitur ini dimaksudkan ketika koderegistrasi diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab maka dapat , atau pergantian operator maka perubahan ini dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

25. Kode registrasi apakah ini untuk keperluan adminstrasi kelembagaan?

Tidak, kode ini ini hanya untuk kebutuhan teknis operational penggunaan aplikasi DAPODIKDAS saja bukan sebagai nomor adminstratif seperti NPSN, NISN maupun NUPTK.

26. Apakah kode registrasi bersifat permanen?

Ya, sementara ini tetap selama Pendataan dapodikdas masih berjalan secara berkelanjutan.

DATA PREFILL DAPODIKDAS 2014

27. Apa definisi dari data prefill?

Prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “Compressed” menjadi prf file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir dapodikdas 2013/2014 terakhir tanggal 25 Juli 2015. prefill ini tidak bertujuan agar data tahun ajaran sebelumnya dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan, selain itu juga operator sekolah tidak menginput data untuk keduakalinya.

28. Apakah fungsi dari data prefill?

Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi data- data sekolah yang telah dimasukan pada aplikasi sebelumnya.

29. Di mana bisa didapatkan data prefill?

Data prefill bisa didapat dialamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. pastikan data prefill tersebut yang terupdate melalui generator prefill di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill

30. Apa yang dimaksud dengan generate data prefill?

Updating data awal prefill dengan hasil sinkronan terakahir keserver. Sehingga data prefill menjadi terupdate dengan data kiriman ke server terakhir.

31. Dimana dapat difasilitasi untuk melakukan generate prefill?

Generate prefill bisa dilakukan oleh operator tingkat sekolah, adapun alamat untuk generate prefill : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/PREFILL_FINAL. Fasilitas ini semacam simpan lokal secara nasional.

32. Kalau komputernya bermasalah (hilang, rusak, ganti komputer) apa yang harus dilakukan?

Lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi seperti prosedur awal instalasi. Dengan demikian di aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan agar operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika prosedur ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan berganda/duplikasi, karena data di server sudah pernah ada.

33. Apakah dapat menggunakan data prefill tahun ajaran sebelumnya?

Tidak bisa, karena struktur berbeda dan data tahun sebelumnya sudah melalui proses “cleansing” / pembersihan data. Pastikan anda menggunakan data prefill terbaru untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.

INSTALLASI APLIKASI DAPODIKDAS 2014

34. Di mana bisa di dapatkan master installasi aplikasi Dapodikdas?

Master aplikasi Dapodikdas bisa diunduh lewat alamat www.dapo.dikdas.kemdikbud.go.idpada bagian unduh aplikasi.

35. Apa fungsi Pengaturan Port dalam proses installasi aplikasi Dapodikdas?

Fungsinya untuk menentukan letak server lokal yang akan diinstalkan yang bertujuan ketika menjalankan aplikasi bisa berjalan sempurna. Tidak perlu ubah port ketika instalasi biarkan system mengaturnya

36. Bagaimana jika installasi aplikasi mandeg di bagian konfigurasi server?

Bisa jadi sudah port default nya sudah terpakai sehingga aplikasi tidak mau terinstall. Solusinya segera hapus aplikasi yang menggunakan port default aplikasi dapodikdas.

37. Bagaimana cara melakukan uninstall aplikasi Dapodikdas?

Buka contol panel > Program and Features> Dapodikdas > klik uninstall.
Kemudian akan muncul kotak kecil berisi pernyataan menghapus aplikasi > pilih Ya. Tunggu sampai muncul keterangan Aplikasi Dapodikdas berhasil dihapus dari computer anda.


38. Apa yang terjadi setelah registrasi dengan file prefill ini?

File tersebut akan hilang dengan sendirinya Setelah registrasi , hal ini dimaksudkan agar penggunaan file ini hanya satu kali saja setelah sekolah melakukan proses input data, selanjutnya menggunakan mekanisme generate ulang prefill.

REGISTRASI

39. Data apakah yang diinputkan saat registrasi?

Data yang diinputkan ketika registrasi:
  • Nama lengkap
  • No Tlp
  • Username (Email)
  • Yahoo Messanger
  • Password
  • Skype
  • Konfirmasi Password
  • Kode registrasi
  • No Hp
-     NAMA : inputkn sesuai nama lengkap operator sekolah sebagai PIC (Penanggungjawab teknis data sekolah)
-    Username (EMAIL) usahakan unik , maksudnya 1 sekolah menggunakan 1 email yang berbeda dengan yang lain.
-    NO TLP : ini adalah no HP operator sekolah diawali 08xxx… ini sebagai kontak person jika ada informasi dari dinas / pusat
-     Koderegistrasi : pastikan koderegistrasi ini adalah milik sekolah anda.

40. Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi muncul keterangan “kode registrasi tidak ditemukan”.

Cek pada folder prefill yang ada di C:/ prefill_dapodik apakah prefill nya sudah diunduh dan disimpan pada folder tersebut/belum. Kalau belum maka segera unduh prefill nya pada alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id pada bagian unduh Download Data Prefill, kemudian masukan kode registrasi setelah itu klik unduh ditulisan sini. Langkah selanjutnya simpan di folder C:/ prefill_dapodik.

VERSI APLIKASI DAPODIKDAS 2014

41. Bagaimana jika di aplikasi muncul keterangan aplikasi telah expired?

Langkah yang harus dilakukan segera unduh patch terbaru yang adanya dialamat http://dapo.dikdas.kemdibud.go.id pada bagian Download Aplikasi. Setelah unduh maka jalankan aplikasinya dengan klik double pada aplikasi kemudian install. Tunggu sampai proses intalasi selesai lalu buka kembali aplikasi. Kalau tampilan masih expired maka tekan tombol Control + F5.

42. Apa yang baru di Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.0?

Di Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.0 akan ada beberapa tambahan fitur didalamnya. Secara tampilan masih akan sama namun ada beberapa tambahan seperti:
  • SK izin operasional akan di kunci pada tab sekolah
  • Penyesuaian table yayasan
  • Tanggal SK izin operasional dikunci pada tab sekolah
  • Bisa mengembalikan data yang terhapus
  • Penambahan tab akreditasi
  • Penambahan modul untuk input nilai rapot
  • Penambahan tab program inklusi
  • Penambahan modul untuk input nilai UN

BERANDA

43. Apa yang harus dilakukan jika nama sekolah di aplikasi tidak sesuai?

Silahkan hubungi ke dinas kabupaten kota bagian Dapodik untuk minta bantuan merubah nama sekolahnya menjadi yang betulnya. Seandainya dinas kabupaten kota tidak bisa maka bisa menghubungi CS Pusat.

44. Apa yang harus dilakukan jika nama kabupaten/kota di aplikasi tidak sesuai?

Wilayah kabupaten dapat diubah sendiri oleh sekolah di table kecamatan, dengan cara memilih. Cara nya ketik Kab. (Wonogiri) misalnya, maka seluruh kecamatan yang ada di Wonogiri akan muncul semua, pilih yang sesuai

45. Apa yang harus dilakukan jika nama kecamatan di aplikasi tidak sesuai?

Sama seperti pertanyaan no. 44

46. Apa yang harus dilakukan jika di beranda terdapat keterangan “kepsek belum dipilih”?

Silahkan buka aplikasi Dapodikdas lalu pada tab PTK maka pilih nama Kepsek nya lalu klik tombol ubah, lihat pada bagian rincian data PTK pada tab Tugas tambahan disitu klik tambah lalu masukan data kepsek nya. Setelah semua data selesai diinput klik simpan.

INPUT DATA APLIKASI DAPODIKDAS 2014

47. Bagaimana prosedur penginputan data yang benar?

Penginputan data yang benar sesuai dengan yang ada pada lapangan dan teratur, dimulai dari input data sekolah, peserta didik, PTK, Rombel dan sebagainya.

48. Dimana bisa didapatkan formulir pendataan aplikasi Dapodikdas?

Formulir bisa didapat melalui website http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

49. Apakah di aplikasi terdapat panduan pengisian data?

Diaplikasi ada panduan dalam pengisian data berupa tombol help yang berupa tanda Tanya (?). tombol tersebut fungsinya untuk memberitahu kepada operator kalau ada inputan yang tidak diketahui bisa dilihat melalui bantuan tersebut.

KIRIM DATA

50. Apakah fungsi dari menu update versi sinkronisasi?

Tombol tersebut fungsinya untuk mengupdate perubahan aplikasi sync yang ada diaplikasi local dengan di server.

51. Bagaimana parameter sinkronisasi yang berhasil?

Pada kotak perubahan apa saja yang sebelumnya berisi pemberitahuan data yang sudah ditambah, update, hapus akan tertera disitu. Kemudian parameter sinkronisasi berhasil maka kota perubahan tersebut hilang.

52. Apa parameter/ciri-ciri bahwa data telah berhasil terkirim semua ke server?

Bisa dilihat dari table perubahan datanya menjadi kosong, kemudian setelah cek di website http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id data hasil sinkronisasi telah muncul berikut tanggal sinkronisasi terakhir.

53. Bagaimana cara mengirimkan data bagi sekolah yang tidak terjangkau sinyal internet?

Bagi sekolah yang tidak terjangkau sinyal internet untuk proses pengiriman datanya bisa meminta bantuan ke sekolah yang ada koneksi internet/ dinas kabupaten kota setempat. Caranya unduh terlebih dahulu dapodik helpher nya pada alamat http://dapodikhelper.blogspot.com kemudian installkan aplikasinya pada laptop/computer sekolah lalu setelah selesai diinstalkan maka buka aplikasi dapodik helpher nya dan lakukan back up. Kemudian file back up nya kasihkan/beri ke dinas kabupaten kota /sekolah yang ada koneksi internet lalu di komputer mereka di restore. Setelah itu login dengan username dan password sekolah lalu lakukan sinkronisasi.

MENGECEK PROGRES DATA

54. Di mana kita dapat mengecek hasil pengiriman sinkronisasi aplikasi Dapodikdas?

Pengecekan data individu sekolah bisa dilakukan di website http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id pilih menu Progres Pengiriman. Pilih provinsi lalu kabupaten serta kecamatan tempat sekolah berada. Pilih nama sekolah lalu masukkan kode registrasi jika hendak melihat data individu sekolah hasil pengiriman dari Aplikasi Dapodikdas.

INPUT DATA APLIKASI DAPODIKDAS 2014 - 2015

55. Dapatkah 1 komputer digunakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?

Bagi lembaga yang menaungi dua sekolah bisa mengerjakan pengisian data dalam 1 laptop

Cara pengerjaannya :

a.   Siapkan koreg dan file prefill semua sekolah yg akan dimasukan
b.  File prefill kedua sekolah tersebut dimasukan ke folder dengan nama prefill_dapodik di drive C
c.   Siapkan user/email yang berbeda untuk setiap sekolah jangan menggunakan user dan paswordyang sama.
d.  Kemudian lakukan registasi beberapa kali sesuai jumlah sekolah yang akan dikerjakan.
e.   Setelah selesai registrasi silahkan login satu-satu, untuk penginputan datanya tidak bisa berbarengan harus dikerjakan satu persatu.

56. Dapatkah pengentryan 1 Data sekolah dikerjakan oleh beberapa orang operator pada laptop berbeda?

Untuk mempermudah pengerjaan satu sekolah bisa dikerjakan oleh beberapa orang operator dengan menggunakan laptop yang berbeda, dengan cara menggunakan LAN atau IPCONFIGHT yang dishare oleh Laptop/PC server. akan tetapi untuk melakukan syncronisasi hanya bisa dilakukan oleh komputer utama yang dijadikan server.

57. Bisakah data yang telah terhapus muncul kembali di aplikasi?

Data yang telah dihapus dapat dikembalikan lagi dengan cara klik Action Menu lalu pilih tampilkan data terhapus, bila ingin mengembalikan data ya klik data tersebut lalu klik Kembalikan data.

58. Kenapa “Sts” peserta didik bertanda seru dan berwarna merah?

Karena peserta didik tersebut belum diregistrasikan, maka silahkan registrasikan peserta didik tersebut sesuai tanggal masuk ke sekolahnya

59. Kenapa isian Rombel di tabel peserta didik tidak bisa diedit?

Untuk mengedit isian rombel pada tabel peserta didik, lakukan registrasi terlebih dahulu bila peserta didiknya belum di registrasi setelah itu klik tabel rombongan belajar pilih kelas lalu klik anggota rombel kemudian pilih nama dan mapping ke Rombel ya. Setelah itu lakukan refresh dengan cara klik ctrl+f5.

60. Mengapa data peserta didik pindahan yang telah diinput tidak bisa dimapping ke rombel seharusnya malah terbaca sebagai siswa kelas 1?

Bila siswa pindahan tidak bisa dimapping ke rombel berarti kesalahan pada proses penambahan siswa, pada tabel peserta didik sd terdapat 2 jenis tambahan, 1 tambah siswa kelas 1, dan tambah. Untuk peserta didik pindahan harus dientry di tabel tambahan sedangkan untuk kelas 1 dientry di tambah siswa kelas 1.

61. Bagaimana jika setelah dipindahkan ke tabel utama data PTK / Peserta Didik jadi hilang?

Bila setelah menambahkan data PTK atau Peserta Didik baru baik itu pindahan atau baru data ya tidak tampil di tabel utama silahkan lakukan sinkronisasi untuk mengambil data dari server agar SP ( Store Prosedure) berjalan dan PTK/peserta didik bisa tampil ditabel utama. Atau klik Action Menu lalu pilih PTK belum penugasan atau tampilkan data peserta didik belum registrasi dan lakukan refresh dengan mengklik ctrl+f5,

62. Bagaimana jika PTK tersebut keluar atau mutasi dari sekolah induk?

Untuk PTK yang keluar/mutasi dari sekolah induk tidak boleh langsung dihapus, akan tetapi PTK tersebut harus diubah di penugasannya, disana terdapat beberapa pilihan diantaranya: PTK keluar karena mutasi, pensiun, wafat, dll. Isi pula tanggal keluar atau mutasinya.

63. Apakah pengisian data rinci harus perbulan atau persemester?

Setiap data rinci itu diisi bila ada perubahan baik itu perbulan atau persemester disesuaikan dengan kondisi real dilapangan. Terdapat di table Action Menu bisa dipilih lanjutkan data priodik utk mempermudah pengerjaan.

64. Mengapa data LTD saya tidak bisa dicek?

Karena ada perbedaan data NUPTK dan tanggal lahir yang dientry di aplikasi dapodik dengan database pusat.

65. Kenapa ketika mengecek data PTK di LTD data sekolah induk tidak ditemukan?

Karena ada 2 hal kemungkinan yang pertama PTK tersebut terdaftar sebagai PTK induk di dua sekolah, kedua PTK tersebut tidak dipilih sekolah induknya.

66. Mengapa masa Kerja Golongan atau pangkat PTK tidak sesuai dengan yang dientrykan?

Untuk masa kerja golongan atu pangkat itu diambil dari table riwayat pangkat dan golongan pada TMT golongan atau pangkat, bila TMT golongan lebih muda dari pangkat maka masa kerja golongan yang diambil, akan tetapi bila TMT Pangkat lebih muda maka Masa kerja pangkat yang diambil.

67. Apa solusi jika terjadi kesalahan input nama, tanggal lahir dan nisn di peserta didik?

Bagi yang mengalami kesalahan penulisa nama, tanggal lahir, dan nisn peserta didik bisa diedit atau diperbaiki melalui http://vervalPeserta Didik.data.kemdikbud.go.id. Setelah melakukan edit data silahkan sinkronisasi agar perubahan turun ke aplikasi dapodik.

68. Apa solusi jika terjadi kesalahan input nama dan tanggal lahir di PTK?

Bagi yang mengalami kesalahan penulisa nama atau tanggal lahir PTK bisa diedit atau diperbaiki melalui http://vervalPTK.data.kemdikbud.go.id. Setelah melakukan edit data silahkan sinkronisasi agar perubahan turun ke aplikasi dapodik.

69. Kenapa data individu Peserta Didik, PTK, rombel berbeda antara aplikasi dan server?

Kesalahan jumlah biasanya terjadi karena pengisian data diaplikasi double, atau terjadi duplikasi data diserver, cara menormalkannya silahkan lakukan generate prefill, lalu instal ulang aplikasinya dan lakukan registrasi dengan menggunakan username dan pasword yang sama setelah itu lakukan sinkronisasi

70. Bagaimana jika sekolah kami ingin melakukan merger dengan sekolah lain?

Bagi sekolah yang akan melakukan penggabungan sekolah silahkan menghubungi Dinas Kab/Kota setempat dengan menyerahkan SK Penggabungan dari Dinas atau bisa melalui alamat email resmi yang tertera diweb dapod.dikdas.kemdikbud.go.id. Lampirkan SK dan data pendukung yang diperlukan, serta daftar data yang akan digabungkan.

71. Bagaimana cara mendapatkan kembali data yang telah kita isi bila laptop/pc terkena virus atau hilang?

Bila terjadi hal-hal yag tidak diinginkan terhadap laptop/pc yang digunakan mengentry data dapodikdas contoh laptop hilang, rusak terkena virus dll, data ya bisa diambil kembali apabila sekolah tersebut pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data bisa diambil dengan melakukan generate prefill, generate prefill bisa dilakukan oleh sekolah sendiri atau melalui dinas kab/kota setelah digenerate silahkan instal aplikasinya dan lakukan registrasi dengan username dan pasword yang sama.

ROMBEL (ROMBONGAN BELAJAR)

72. Bagaimana cara membuat rombel ?

Sama Seperti tahun sebelumnya, namun jika rombel tersebut berlanjut tingkat selanjutnya maka dapat menggunakan fasilitas kenaikan kelas. Dengan asumsi siswa nya tetap, tidak di acak/ random. Namun jika di acak kembali maka buat rombel baru seperti prosedur awal.

73. Kurikulum apa saja yang dipilih?

Ya sesuai dengan sekolah tersebut, kurikulum sekaran yang berlaku untuk SD adalah kelas 1,2,4,5 menggunakan kurikulum 2013 dan 3,6 SD masih menggunakan kurikulum KTSP. Untuk SMP Kelas 7,8 menggunakan Kurikulum 2013 dan kelas 9 SMP menggunakan KTSP.

74. Bagaimana cara pengaturan JJM didalam Rombel?

Ikuti peraturan pengaturan jam sesuai dengan peraturan menteri tentang kurikulum dan pelajari modul validasi pengisian data PTK dari direktorat P2TK DIKDAS.
Tabel Peserta Didik

75. Untuk siswa pindah ke sekolah lain bagaimana?

Jangan di hapus, tapi registrasikan siswa tersebut , isi alasan keluar karena… di table registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke table peserta didik keluar dengan alasan mutasi

76. Untuk siswa masuk/pindahan dari sekolah lain bagaimana?

Tambahkan peserta didik seperti prosedur awal, jangan lupa masuk / mapping ke dalam rombonganbelajar dengan status siswa pindahan jenis pendaftaran pindahan di registrasi peserta didik.

77. Untuk siswa lulus bagaimana?

Jangan di hapus, tapi registrasikan siswa tersebut , isi alasan keluar karena lulus di table registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke table peserta didik keluar dengan alasan lulus

78. Untuk siswa tinggal kelas bagaimana?

Jangan di hapus, masukkan siswa tersebut ke dalam rombel dengan pendaftaran mengulang.

79. Untuk Peserta Didik yang keluar / putus sekolah bagaimana?

Jangan di hapus, tapi registrasikan siswa tersebut , isi alasan keluar karena putus sekolah di table registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke table peserta didik keluar dengan putus sekolah

80. Apakah benar Nama, Tanggal lahir dan NISN di kunci di table peserta didik?

Ya, oleh karena itu perlu diperhatikan betul kesesuaian ketiga data tersebut sebelum diinputkan kedalam aplikasi. Namun jika terlanjur maka mekanisme perubahannya melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar