Senin, 15 Desember 2014

DOWNLOAD APLIKASI RAPOR K-13 (KURIKULUM 2013) SD RESMI - APLIKASI DAPODIKDAS 2014

Saat ini, Direktorat Pembinaan SD telah resmi meluncurkan installer aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD v.1.0 yang akan digunakan untuk input nilai Rapor peserta didik jenjang SD untuk semester I (Ganjil) tahun pelajaran 2014/2015. Aplikasi ini terhubung dengan Dapodikdas 2014, oleh karena itu, hanya bisa dipasang pada komputer yang telah terinstal aplikasi Dapodikdas sekolahnya.

User dan password default dari aplikasi ini adalah nomor NUPTK dari guru sekolah. Setelah berhasil login, harap segera mengganti password sesuai buku panduan.Sebelum bisa digunakan, aplikasi harus pertama kali di sinkronisasi dengan dapodik. Panduan selengkapnya, silahkan unduh di sini… 


Hal-hal penting terkait aplikasi rapor kurikulum 2013 di antaranya :

1.      Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang di organisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.

2.    Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.

3.      Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.

4.      Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.

5.      Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.

6.      Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.

7.      Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk tiap siswa.

8.      Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai butir 4.

9.    Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), Rombel dan siswa.

10.    Aplikasi dapat di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id.

Demikian informasi mengenai telah dirilis aplikasi rapor kurikulum 2013 SD yang telah resmi diluncurkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yang digunakan bersama dengan aplikasi Dapodikdas 2014. Semoga bermanfaat dan terimakasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar