Senin, 15 Desember 2014

PENJELASAN & CARA DAFTAR PESERTA DIKLAT INTERAKSI ONLINE (DIO) PADAMU NEGERI 2014

Indonesia memiliki 3 juta Guru yang harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan kualitasnya seiring dengan perkembangan jaman secara berkelanjutan. Diperlukan terobosan baru untuk dapat mempercepat banyaknya jumlah guru yang dididik dan dilatih secara berkesinambungan namun dengan anggaran yang efisien. Pendidikan dan Pelatihan secara Online menjadi salah satu pilihan Pengembangan Profesional Berkelanjutan (PKB) dengan berbagai manfaat sebagai berikut:

1.   Akses yang lebih luas. Penyelenggara pelatihan seperti P4TK dapat menyediakan akses pengembangan profesional lebih luas bagi lebih banyak guru.
2.   Berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Interaktivitas dari kelas online yang dilakukan oleh tim P4TK Matematika sesuai klaim mereka, berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Modul online dapat dievaluasi dari waktu ke waktu, diperbaiki dan disesuaikan untuk pemanfaatan berikutnya.
3.   Penyampaian yang fleksibel. Pelatihan disampaikan dengan lebih fleksibel dalam bentuk online secara penuh maupun hybrid, dengan berbagai skenario (misalnya belajar berkelompok dalam KKG/MGMP atau belajar secara mandiri).
4.   Penggunaan yang meluas ke ruang kelas. Guru akan dapat memanfaatkan material online di ruang kelas mereka untuk para siswa.
5.   Pemanfaatan teknologi. Ketika mengikuti pembelajaran online, guru akan belajar juga dalam memanfaatkan teknologi untuk mengumpulkan, menemukan, mengembangkan dan mempublikasikan pengetahuan dan informasi.

Dengan berbagai manfaat tersebut di atas, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Peningkatan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana untuk mengujicobakan pelatihan online yang masif, terstruktur, sistematis, efisien dan berkualitas serta diakui sebagai bagian dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Semua Pendidik (Guru) bisa menjadi peserta kelas Pilot DIO 2014 dan bagaimana syaratnya dengan syarat sebagai berikut:

1.   Telah aktif (bintang 4 hijau) di Padamu Negeri.
2.   Mata Pelajaran utama dan jenjang sekolah induknya sesuai dengan tipe Kelas Virtual Pilot DIO yang tersedia. Silakan cek di Data Portofolio Padamu masing-masing.
3.   Satu domisili dengan lokasi Pusat Belajar.

Pusat Belajar adalah lokasi sekolah inti (KKG/MGMP) yang terpilih oleh P4TK sebagai tempat  berkumpulnya para peserta Kelas Pilot DIO selama kegiatan Video Conferences (Vicon) berlangsung. Jadwal vicon dilakukan 1 (satu) kali dalam setiap minggu yang ditentukan oleh para pengajar.


Kelas virtual Pilot DIO yang tersedia saat ini antara lain:

  • Kelas DIO - P4TK Bahasa (untuk Guru Bahasa Inggris jenjang SMP)
  • Kelas DIO - P4TK Penjas-BK (untuk Guru PJOK jenjang SMP)
  • Kelas DIO - P4TK TK-PLB (untuk Guru Kelas jenjang TK)
  • Kelas DIO - P4TK PKn-IPS (untuk Guru Kelas jenjang SD)
  • Kelas DIO - P4TK IPA (untuk Guru IPA jenjang SMP)
  • Kelas DIO - P4TK Seni Budaya (untuk Guru Prakarya jenjang SMP)
  • Kelas DIO - P4TK Matematika (untuk Guru Matematika jenjang SMA)
  • Kelas DIO - P4TK Bidang Otmotif dan Elektronika (untuk Guru Bidang Teknik Elektronika Industri jenjang SMK)

Kelas DIO - ProDEP Pembelajaran Mandiri BPU (Bahan Pembelajaran Utama) khusus Kepala Sekolah jenjang SD dan SMP se-Indonesia.

Jadwal Kelas DIO dikelola oleh Pusat Pengajaran (P4TK) dan dibuka mulai 8 Desember 2014 hingga 27 Desember 2014.

Cara mendaftar sebagai peserta kelas Pilot DIO 2014, login dengan akun PTK masing-masing di Padamu Negeri, klik menu Diklat. Bila Anda memenuhi persyaratan (sesuai poin 1) maka akan muncul tombol "Daftar/Ajukan”. Silakan klik tombol tersebut agar terdaftar sebagai peserta Kelas Pilot DIO 2014.

Pada kelas Pilot DIO saat ini memuat 32 Jam Pelajaran yang ditempuh dalam 3 minggu atau 11 jam per minggu dan akan mendapat sertifikat digital sebagai peserta kelas pilot DIO apabila telah mengikuti dan menyelesaikan aktifitas-aktifitas di kelas Pilot DIO. Setiap Kelas DIO akan diampu oleh para pengajar (widyaiswara) dari P4TK yang bertugas menjadi fasilitator untuk berinteraksi secara online selama Kelas DIO berlangsung.

Panduan dan penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada situs http://bantuan.siap-online.com/produk/diodan http://dio.siap.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar