Minggu, 14 Desember 2014

PANDUAN CARA CETAK RAPOR DARI APLIKASI RAPOR KURIKULUM 2013 SD V.1.0.1

Fitur Cetak Rapor berfungsi untuk mencetak Rapor berdasarkan nilai yang telah diisi sebelumnya. Fitur ini dapat diakses melalui menu Rapor sub menu Cetak Rapor. Proses penghitungan nilai sehingga menghasilkan deskripsi akhir dilakukan secara otomatis oleh aplikasi. Proses penghitungan nilai yang dilakukan oleh aplikasi sehingga dapat dihasilkannya Rapor adalah sebagai berikut:

1.   Untuk Kompetensi Inti 1 dan 2, Deskripsi yang ditampilkan di dalam Rapor adalah indikator-indikator yang sudah dinilai pada penilaian Buku Harian Guru. Indikator yang dideskripsikan ke dalam Rapor merupakan indikator-indikator yang dinilai, dengan nilai capaian sesuai dengan kecenderungan (modus). Misal : dari 5 kali penilaian indikator “Percaya Diri”, diinput nilai 3 kali = Ya dan 2 kali = Tidak, maka untuk indikator “Percaya Diri’ akan muncul di deskripsi sebagai kategori Sangat Baik. Sebaliknya, jika diinput 2 kali = Ya dan 3 kali = Tidak, maka indikator “Percaya Diri” akan muncul di deskripsi sebagai kategori Perlu Bimbingan. Jika ada indikator dengan nilai antara Ya dan Tidak sama jumlahnya, maka yang diambil adalah Ya (Sangat Baik).

2.   Untuk Kompetensi Inti 3, deskripsi pada Rapor merupakan Kompetensi Dasar yang paling menonjol ‘positif’ dan ‘negatif’ berdasarkan nilai rata-rata indikator per Kompetensi Dasar dari nilai indikator yang sudah diisi pada Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Kompetensi Dasar yang ditampilkan dari masing-masing kategori paling paling menonjol ‘positif’ dan ‘negatif’ berjumlah maksimal 3 Kompetensi Dasar.

     Tahapan penghitungan nilai untuk Kompetensi Inti 3 adalah sebagai berikut:

a.   Menghitung Nilai setiap Indikator per Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar 3.1 Penilaian Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka UH1


b.   Mengumpulkan Kompilasi seluruh nilai indikator per Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Total Nilai Nilai Rata-rata Kategori KD 3.1


c.   Mengurutkan nilai Kompetensi Dasar

Setelah mendapatkan Nilai rata-rata akhir, tahap berikutnya adalah mengurutkan nilai setiap Kompetensi Dasar. Dari tabel di atas, maka urutan nilai dari yang teratas adalah sebagai berikut: Kompetensi Dasar Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Total Nilai Nilai Rata-rata Kategori KD 3.1


Dari tabel di atas, maka kita dapat melihat bahwa KD yang akan muncul di Deskripsi Rapor adalah KD 3.1 dengan kategori Sangat Baik, KD 3.7 dan KD 3.2 dengan kategori Cukup.

3.   Untuk Kompetensi Inti 4, deskripsi pada Rapor merupakan KD yang paling menonjol ‘positif’ dan ‘negatif’ berdasarkan nilai optimum indikator-indikator per KD sesuai dengan nilai yang diisi pada pada Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.

Tahapan penghitungan nilai untuk Kompetensi Inti 4 adalah sebagai berikut:

a.   Menghitung Nilai setiap Indikator per Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar 4.1 Penilaian Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka UH1


b.   Mengumpulkan Kompilasi seluruh nilai indkator per Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Total Nilai Nilai Rata-rata Kategori KD 4.1


c.   Mengurutkan nilai Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Total Nilai Nilai Rata-rata Kategori KD 4.5


Dari tabel di atas, maka kita dapat melihat bahwa KD yang akan muncul di Deskripsi Rapor adalah KD 4.5 dengan kategori Sangat Baik, KD 4.7 dan KD 4.4 dengan kategori Cukup.

Gambar Halaman Cetak Rapor

Langkah-langkah untuk mencetak Rapor adalah sebagai berikut :

1.   Pilih Rombongan Belajar
2.   Klik tombol View, maka akan ditampilkan data anggota rombongan belajar.
3.   Tombol Cetak di atas tabel anggota rombel berfungsi untuk mencetak Rapor seluruh siswa anggota rombel sekaligus. Output Rapor dapat di ekspor ke file PDF dan Ms. Word.
4.   Untuk mencetak Rapor per siswa klik icon PDF dan Word pada setiap baris anggota rombel.

Tools

Pada menu ini pengguna dapat melakukan sinkronisasi data dengan database Dapodik, seperti: Kurikulum, Mata Pelajaran, Peserta Didik, anggota Rombel dan sebagainya.

Demikian pemaparan mengenai petunjuk penggunaan Aplikasi Rapor SD. Semoga buku petunjuk ini dapat membantu para pengguna dalam menggunakan Aplikasi Rapor SD. Untuk penjelasan dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi administrator aplikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar