Rabu, 31 Desember 2014

KILAS BALIK DAN EVALUSI BLOG DADANG JSN DI TAHUN 2014 – JANGAN JADIKAN KONTEN BLOG INI SEBAGAI SUMBER REFERENSI INFORMASI UTAMA, KARENA SAYA HANYA BERUSAHA MENJADI “JEMBATAN INFORMASI”, TIDAK LEBIH

Sahabat PTK dan pengunjung blog www.dadangjsn.blogspot.comyang saya hormati…, alhamdulillaah… sudah lebih dari 1000 artikel menghiasi konten-konten blog personal ini dan hampir keseluruhannya terkait dengan dunia pendidikan di Indonesia, mulai dari share informasi-informasi terkait dari stake holder pendidikan di Indonesia dan pada setiap artikelnya saya usahakan tercantum links sumber valid ke referensi artikel karena lebih tepatnya, saya hanyalah “jembatan” informasi. Namun untuk ratusan artikel murni, dan biasanya terkait pekerjaan-pekerjaan teknis memang benar-benar saya ambil dari pengalaman pribadi saya selama menjadi guru sekaligus mendapatkan peran tambahan sebagai operator sekolah sejak tahun pelajaran 2012/2013 yang lalu.

Sedikit kilas balik mengenai perjalanan dari awal mula blog ini saya publish di semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 yang lalu. Pada mulanya informasi yang saya share dari situs ini adalah saya tujukan kepada Rekan-rekan operator sekolah Dapodikdas 2013 di wilayah kabupaten Tebo, dikarenakan saat itu kebetulan saya mulai dilibatkan untuk membantu admin dinas pendidikan kabupaten Tebo untuk mensosialisasikan beberapa program terkait Dapodikdas 2013 di lapangan waktu itu khususnya di kecamatan-kecamatan yang terdekat dengan tempat tugas saya lebih khususnya pada materi-materi yang terkait dengan teknis pekerjaan yang dilakukan oleh operator sekolah mulai input data hingga pengiriman data dari aplikasi Dapodikdas.

Oleh karena itulah, acapkali ada sesuatu yang seringkali menjadi pertanyaan Rekan-rekan operator sekolah di wilayah kabupaten Tebo, saya akan jawab secara satu-persatu. Tentu saja ini kurang efektif karena terkait pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya dilakukan secara lebih rinci dan jelas, sehingga saya pun berfikir jika dishare lewat blog tentu akan memiliki efektifitas yang lebih baik, sehingga ketika ada pertanyaan sejenis saya cukup memberikan links ke artikel yang sebelumnya sudah saya buat dengan seoptimal mungkin yang saya sertakan screenshoot pada laptop yang saya gunakan sendiri.

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata banyak visitor/pengunjung blog yang datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia dengan jumlah visitor yang jauh dari perkiraan saya di awal pengembangan blog ini yang saat ini telah dibaca oleh ribuan pengunjung dalam setiap harinya, puluhan komentar-komentar pada berbagai artikel mulai dari pertanyaan-pertanyaan, informasi tambahan maupun sapaan-sapaan hangat dari pengunjung pun setiap harinya masuk yang mayoritas berasal dari kalangan PTK (pendidik dan tenaga kependidikan), hingga saya sampai saat inipun tak bisa membalas seluruh komentar yang ada di blog saya, karena kesempatan saya sendiri yang memang sangat terbatas (jika kebetulan saya membuka sebuah artikel saya biasanya baru bisa membalas satu demi satu komentar tersebut).

Banyak hal yang berkesan selama dalam usia yang ke 1 tahun lebih beberapa bulan blog ini, suka maupun duka silih berganti, namun ini biasa untuk membuktikan bahwasannya blog kita. Beberapa hal yang membuat saya terkadang sedih seperti adanya komentar-komentar yang saya balas ataupun pertanyaan-pertanyaan yang belum bisa bahkan tidak bisa saya menjawabnya, karena keterbatasan waktu maupun pengetahuan saya dan adanya links download yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, biasanya karena traffic yang terlalu tinggi dalam suatu waktu tertentu dan terkadang juga adanya broken links (khusus ini, jika saya kebetulan sempat biasanya langsung saya usahakan memperbaikinya), dan lain sebagainya.

Selain beberapa hal yang menurut saya menyedihkan ternyata masih banyak hal lain yang bisa menyenangkan saya, mulai dari sapaan-sapaan dan komentar-komentar positif dari pengunjung, komentar yang bisa saya jawab hingga apresiasi sekaligus motivasi dari beberapa tokoh penting dalam dunia manajemen pendidikan, salah satunya datang dari Pak Tagor Alamsyah Harahap (P2TK Dikdas) yang telah berkenan mempublikasikan screenshoot blog ini di akun Facebook beliau tepatnya pada tanggal 23 Januari tahun 2014.


Walaupun memang belum begitu lama blog ini terpublish untuk umum, namun saya pribadi sebagai admin tunggal situs ini terasa sangat kompleks memang beberapa hal yang belum tersajikan secara sempurna, sejuta rasa tercipta dari respon-respon yang sudah ada selama ini. Namun hidup akan terus berjalan Sahabat… Sebagai manusia biasa yang tak akan luput dari salah, khilaf, dan dosa yang tentunya tidak pernah saya niat dan sengajakan tetap ada untuk saya, oleh karena mohon ampun kepada Allaah SWT atas segala kesalahan ini, dan mohon maaf atas kepada semua pihak yang telah merasa kurang berkenan terkait dengan isi, konten, dan apa saja yang berhubungan dengan saya.

Oleh karena hal itulah, dengan segala kerendahan hati, saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada siapapun dan pihak manapun, dan saya pun mohon masukan dari manapun dan dari siapapun via inbox facebook saya maupun ke email djsnspd@gmail.com agar saya bisa memperbaiki kesalahan yang tidak berkenan tersebut dengan lebih objektif sekaligus efektif dalam usaha perbaikan yang akan saya lakukan.

Tak lupa di awal tahun 2015 ini, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala informasi sumber, bantuan dan dukungannya selama ini khususnya yang menjadi bahan-bahan posting artikel blog ini, terimakasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu saat ini, di antaranya kepada segenap Tim Dapodik pusat yang telah bekerja keras dalam usaha mewujudkan data yang berkualitas dalam jenjang Dikdas maupun Dikmen, terimakasih juga kepada segenap P2TK Dikdas dan jajarannya yang telah bekerja keras dalam urusan tunjangan sertifikasi dan aneka tunjangan bagi guru PNS maupun Non PNS, Tim Relawan Dapodik, Tim Relawan Dapodik, Dinas Pendidikan Kabupaten Tebo, rekan-rekan blogger lain, serta pengunjung blog pada umumnya karena tanpa kunjungan dan partisipasi dari seluruh pengunjung, blog ini tidak akan berarti apa-apa.

Masih banyak evalusi yang tidak dapat saya tuliskan pada kesempatan kali ini. Demikian kilas balik dan evalusi blog Dadang JSN di tahun 2014 di awal tahun 2015 ini dengan tema Jangan Jadikan Konten Blog Ini Sebagai Sumber Referensi Informasi Utama Karena Saya Hanya Berusaha Menjadi “Jembatan Informasi”, tidak lebih. Selamat tinggal 2014 selamat datang 2015… Semoga semuanya menjadi lebih baik dan berkah… Aamiin… Salam Edukasi…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar