Minggu, 14 Desember 2014

PANDUAN / CARA INPUT & EDIT PEMETAAN SUB TEMA - PEMETAAN CAPAIAN KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR APLIKASI RAPOR KURIKULUM 2013 SD V.1.0.1

Melalui menu ini pengguna dapat melakukan pemetaan Sub tema, Pemetaan Kompetensi dasar dan pemetaan indikator. Pemetaan ini akan menetukan peroses penilain capaian setiap peserta didik yang akan dilakukan di Menu Penilaian.

Pemetaan Sub tema

Pemetaan Sub Tema berfungsi untuk memetakan Mata Pelajaran apa saja yang akan diajarkan pada sub tema tertentu. Untuk pemetaan Sub Tema, langkah – langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.   Klik Menu Pemetaan sub menu Pemetaan Sub Tema.
2.   Pilih Kelas dan Semester dimana sub tema diajarkan.
3.   Di bawah pilihan terdapat dua tabel, dimana tabel sebelah kiri dan kanan. Tabel sebalah kiri berisi Sub Tema yang diajarkan pada Kelas dan Semester yang dipilih.
4.   Klik satu sub tema yang akan dipetakan terhadap mata pelajaran yang akan diajarkan pada sub tema tersebut.
5.   Pada tabel sebelah kanan merupakan daftar mata pelajaran yang termasuk ke dalam materi ajar sub tema tersebut.
6.   Untuk menambah mata pelajaran yang diajarkan, klik tombol Tambah Mata Pelajaran di bawah tabel sebelah kanan, kemudian pada tabel akan muncul satu baris untuk menentukan Mata Pelajaran yang akan diajarkan.
7.   Lakukan langkah yang sama untuk menambah Mata Pelajaran lainnya.
8.   Klik tombol Simpan untuk menyimpannya dan Batal untuk membatalkan.

Pemetaan Kompetensi Dasar

Setelah berhasil memetakan mata pelajaran per sub tema, maka tahap selanjutnya adalah memetakan Kompetensi Dasar per mata pelajaran pada setiap sub tema. Perlu diingat, bahwa mata pelajaran tersebut sudah dipetakan terhadap sub tema pada pemetaan sebelumnya.

Untuk pemetaan Kompetensi Dasar, langkah – langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.   Klik menu Pemetaan sub menu Pemetaan Kompetensi Dasar. 

Gambar Halaman Pemetaan Kompetensi Dasar

2.   Pilih Kelas, Tema, Sub Tema dan Mata Pelajaran yang akan dipetakan Kompetensi Dasar-nya. Misalnya kita pilih: Kelas 1, Tema 1. Diriku, Sub Tema 1.1 Aku dan Teman Baru serta Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Mata Pelajaran yang muncul/dapat dipilih adalah mata pelajaran sesuai dengan pemetaan sebelumnya.

3.   Pada tabel kiri akan ditampilkan seluruh Kompetensi Dasar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 sesuai dengan Peraturan Menteri.

4.   Klik dan geser menggunakan mouse Kompetensi Dasar yang akan diajarkan pada sub tema tersebut dari tabel sebelah kiri ke tabel sebelah kanan.

5.   Lakukan hal yang sama untuk Kompetensi Dasar lainnya.

6.   Klik tombol Simpan untuk menyimpan pemetaan yang sudah dibuat, atau tombol Batal untuk membatalkannya.

Pemetaan Indikator

Setelah memetakan Kompetensi Dasar pada setiap sub tema, maka tahap berikutnya adalah melakukan pemetaan Indikator yang akan diajarkan pada setiap Sub Tema dan Kompetensi Dasar tersebut.

Untuk pemetaan Indikator, langkah – langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.   Klik menu Pemetaan sub tema Pemetaan Indikator. 

Gambar Form Pemetaan Indikator

2.   Pilih Kelas, Tema, Sub Tema, Mata Pelajara, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.. Misalnya kita pilih:

a.   Kelas : 1
b.   Semester : Ganjil
c.   Tema : 1. Diriku
d.   Sub Tema : 1.1 Aku dan Teman Baru
e.   Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
f.    Kompetensi Inti : 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
g.   Kompetensi Dasar : 1.1 Menerima Anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.

3.   Pada tabel kiri akan ditampilkan seluruh Indikator sesuai dengan master Indikator yang sudah dibuat di menu Referensi - Indikator.

4.   Klik dan geser indikator yang dipilih untuk diajarkan pada Kompetensi Dasar sesuai dengan yang ditentukan dari tabel sebelah kiri ke tabel sebelah kanan.

5.   Lakukan hal yang sama untuk Indikator lainnya.

6.   Klik tombol Simpan untuk menyimpan pemetaan yang sudah dibuat, atau tombol Batal untuk membatalkannya.

Penilaian

Menu ini berfungsi untuk mengisi nilai setiap peserta didik pada seluruh jenis penilaian seperti: Buku Harian Guru, Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada menu ini pengguna juga dapat mengisi absensi peserta didik, catatan prestasi dan penilan tambahan seperti: saran- saran, aspek kesehatan dan perkembangan fisik dari peserta didik.

Absensi Akhir

Absensi Akhir adalah fitur yang berfungsi untuk mencatat jumlah ketidakhadiran peserta didik dalam satu semester. Fitur ini dapat diakses melalui menu Penilaian dan sub menu Absensi Akhir.
Langkah – langkah yang dilakukan untuk pencatatan absen peserta didik adalah sebagai berikut :
1.   Pilih Rombongan Belajar.
2.   Double Klik pada kolom Sakit, Ijin dan Alpa untuk setiap peserta didik untuk mengisi jumlah ketidakhadiran berdasarkan masing-masing jenis ketidakhadiran tersebut.
3.   Klik Simpan untuk menyimpannya. 

Gambar Form Absensi Akhir

Buku Harian Guru

Fitur ini berfungsi untuk mencatat capaian peserta didik untuk setiap Indikator yang terdapat pada Kompetensi Inti 1 dan Kompetensi Inti 2. Buku Harian Guru dicatat setiap selesai satu Tema. Untuk mengakses fitur ini, klik menu Penilaian sub menu Buku Harian Guru.

Langkah – langkah yang dilakukan untuk pengisian Buku Harian Guru :

1.   Pilih :

a.   Rombongan Belajar
b.   Tema
c.   Tanggal (tanggal pelaksanaan penilaian)
d.   Peserta Didik

2.   Klik tombol Lihat.

3.   Maka akan ditampilkan seluruh peserta didik pada Rombel tersebut dan Indikator yang harus dinilai. 

Gambar Form Buku Harian Guru

4.   Isi capaian untuk setiap indikator oleh setiap peserta didik. Dimana nilai capaian terdiri dari dua pilihan, yaitu Ya dan Tidak. “Ya” berarti peserta didik memenuhi kompetensi pada indikator tersebut, sedangkan “Tidak” berarti peserta didik tersebut tidak memenuhi kompetensi sesuai dengan indIkator tersebut.

5.   Klik Simpan untuk menyimpannya

Ulangan Harian

Fitur ini berfungsi untuk mencatat capaian peserta didik untuk setiap Indikator yang terdapat pada Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4 untuk setiap Ulangan Harian yang dilakukan. Ulangan Harian dilakukan setiap selesai materi di setiap Tema. Untuk mengakses fitur ini, klik menu Penilaian sub menu Ulangan Harian.

Gambar Form Ulangan Harian

Langkah – langkah yang dilakukan untuk pengisian Ulangan Harian :

1.   Pilih Rombongan Belajar, Tema, Tanggal dilakukannya Ulangan Harian tersebut serta Peserta Didik yang akan dinilai.
2.   Isi capaian untuk setiap indikator oleh setiap peserta didik. Dimana nilai capaian terdiri dari dua pilihan, yaitu Ya dan Tidak. “Ya” berarti peserta didik memenuhi kompetensi pada indicator tersebut, sedangkan “Tidak” berarti peserta didik tersebut tidak memenuhi kompetensi sesuai dengan indokator tersebut.
3.   Klik Simpan untuk menyimpannya

Ujian Tengah Semester

Fitur ini berfungsi untuk mencatat capaian peserta didik untuk setiap Indikator yang terdapat pada Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4 untuk setiap Ujian Tengah Semester yang dilakukan. Indikator yang muncul pada Ujian Semester ini adalah indikator yang ada pada setiap tema dengan status mid semester = 1 (lihat fitur Tema).

Untuk mengakses fitur ini, klik menu Penilaian sub menu Ujian Tengah Semester. 

Gambar Form Ujian Tengah Semester

Langkah – langkah yang dilakukan untuk pengisian capaian Ujian Tengah Semester adalah sebai berikut:

1.   Pilih Rombongan Belajar, UTS ke (menandakan UTS ke berapa yang akan diisi) dan Peserta Didik, kemudian klik tombol Lihat.
2.   Isi capaian untuk setiap indikator oleh setiap peserta didik. Dimana nilai capaian terdiri dari dua pilihan, yaitu Ya dan Tidak. “Ya” berarti peserta didik memenuhi kompetensi pada indicator tersebut, sedangkan “Tidak” berarti peserta didik tersebut tidak memenuhi kompetensi sesuai dengan indokator tersebut.
3.   Klik Simpan untuk menyimpannya.

Ujian Akhir Semester

Fitur ini berfungsi untuk mencatat capaian peserta didik untuk setiap Indikator yang terdapat pada Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4 untuk setiap Ujian Akhir Semester yang dilakukan. Ujian Akhir Semester bisa dilakukan beberapa kali dalam satu semester.

Untuk mengakses fitur ini, klik menu Penilaian sub menu Ujian Akhir Semester. 

Gambar Form Ujian Akhir Semester

Pengisian nilai capaian Ujian Akhir Semester, langkah langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.   Pilih Rombongan Belajar, UTS ke (menandakan UTS ke berapa yang akan diisi) dan Peserta Didik, kemudian klik tombol Lihat.
2.   Isi capaian untuk setiap indikator oleh setiap peserta didik. Dimana nilai capaian terdiri dari dua pilihan, yaitu Ya dan Tidak. “Ya” berarti peserta didik memenuhi kompetensi pada indicator tersebut, sedangkan “Tidak” berarti peserta didik tersebut tidak memenuhi kompetensi sesuai dengan indokator tersebut.
3.   Klik Simpan untuk menyimpannya.

Catatan Prestasi

Fitur ini berfungsi untuk mencatat prestasi yang dicapai oleh setiap peserta didik dalam satu semester. Untuk mengakses fitur ini, klik menu Penilaian sub menu Catatan Prestasi. 

a) Menambah Catatan Prestasi

1.   Pilih Rombongan Belajar dimana peserta didik yang akan dicatat catatan prestasi-nya.

2.   Klik/pilih nama siswa pada tabel atas.

3.   Klik Tombol Tambah diantara tabel atas dan bawah.

4.   Maka akan muncul halaman baru untuk mengisi catatan prestasi yang telah diraih oleh peserta didik tersebut. 

Gambar Form Pengisian Keanggotaan Ekstrakurikuler

5.   Isi Jenis Prestasi yang diraih dan Keterangannya.

6.   Klik Tombol Simpan untuk menyimpan, atau Batal untuk membatalkannya.

b) Mengubah Catatan Prestasi

     Untuk mengubah Catatan Prestas,i lakukan langkah – langkah berikut :

1.   Klik nama peserta didik pada tabel atas dimana catatan prestasi nya akan diubah.

2.   Klik data catatan prestasi pada tabel bawah.

3.   Klik tombol Edit, maka akan muncul halaman pengeditan data sebagai berikut.


Gambar Form Catatan Prestasi

4.   Ubah data sesuai dengan yang di inginkan.

5.   Klik Tombol Simpan untuk menyimpan, atau Batal untuk membatalkannya.

c) Menghapus Catatan Prestasi

     Untuk menghapus data Catatan Prestasi lakukan langkah – langkah berikut :

1.   Klik nama peserta didik pada tabel atas dimana keanggotaan ekstrakurikuler nya akan diubah.

2.   Klik data keanggotaan ekstrakurikuler pada tabel bawah.

3.   Klik tombol Hapus lalu akan muncul tampilan berikut.



4.   Klik Ya untuk menghapus, klik Tidak untuk membatalkannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar